Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Resep Kaldu Yang Enak


mempunyai cita rasa yang tepat baik dari rasa dan juga  dari nilai  gizi dan nutrisinya, dalam pembuatan kaldu haruslah memperhatikan cara memasak dan pemilihan bahan agar mendapatkan citarasa rasa yang mantap dan lezat tanpa mengurangi nilai gizinya.
  
















Berikut ini adalah tips tips resep pembuatan kaldu untuk mendapatkan hasil dan rasa yang mantap, yaitu :

1. Memilih bahan dan bagian yang tepat.

Dalam membuat kaldu baik dari sapi ataupun ayam, harus diperhatikan dalam memilih bahan dan bagian mana yanga akan digunakan untuk menghasilkan kaldu yanag enak, mantap dan lezat. Adapun cara untuk 
pemilihannya adalah :
  • Cara membuat kaldu sapi , yaitu supaya memilih daging yang sedikit mengandung lemak, bila memakai tulang sapi , pilihlah tulang kaki atau iga, karena kedua bagian itu akan memberikan rasa kaldu yang lezat.
  • Cara membuat kaldu ayam , yaitu sebaiknya menggunakan ayam kampung, bila menggunakan tulang ayam negeri, rebus terlebih dahulu selama 5 menit (dengan air mendidih) setelah itu buang air rebusannya , ganti dengan air yang baru yang siap untuk dibuat kaldu.Adapun bagian tulang ayam yang enak untuk kaldu adalah tulang punggung, sayap dan kaki.
2. Bumbu yang digunakan

Bumbu standar untuk membuat kaldu yang enak adalah bumbu daun. Tujuannya untuk menambah aroma dan menghilangkan bau anyir dalam kaldu. Misalnya untuk membuat kaldu tulang bisa menambahkan bumbu :
  • 1/2 butir bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • 1 tangkai seledri dan daun bawang

3. Cara memasak kaldu

Rebus tulang atau daging dengan api kecil, jangan sering diaduk agar air rebusan tidak keruh. Api besar akan membuat cepat mendidih, akibatnya bagian luar akan cepat maatng sehingga sari kaldu daging tidak keluar semuanya dan juga sum- sum tulang tidak keluar dari tulang. Lama memasak kaldu minimal 1jam, tujuannya agar kaldu yang dihasilkan lebih kental dan gurih.

4. Cara menyimpan kaldu

Cetaklah kaldu kedalam wadah es batu, masukkan kedalam freezer hingga beku, kemudian keluarkan dan Simpan kaldu kedalam plastik, simpan kembali kedalam freezer. Jika kita ingin menambahkan kaldu kedalam masakan, maka kita tinggal ambil kaldu dalam kantong plastik dalam freezer, lebih praktis dan sehat tentunya karena tidak mengandung bahan pengawet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

template