Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Tips Resep Makanan Bayi Dan Balita



Resep makanan untuk bayi dan balita lebih baik dibuat sendiri dirumah, karena akan terjamin kebersihan dan mutunya, baik bebas dari bahan tambahan makanan misalnya pengawet, pewarna pengental,dll. Dan juga menunya dapat kita buat bervariasi, sehingga anak tidak gampang bosan  ekonomis dan tentunya menyehatkan pula.


Selain untuk memenuhi kebutuhan balita terhadap zat-zat yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan balita, misalnya beras merahyang mengandung vitamin B kompleks yang sangat penting untuk meningkatkan perkembangan otak, dsb. Makanan tambahan atau makanan pendamping asi juga merupakan suatu proses pendidikan, yaitu balita diajarkan cara untuk mengunyah dan menelan makanan padat dan juga membantu agar anak terbiasaa dengan rasa- rasa baru.

Perlu diingat bahwa susu merupakan makanan utama dan penting bagi bayi , dianjurkan sampai usia 2 tahun minimal 3 kali sehari, setelah itu dapat dikurangi menjadi 2 kali sehari.

Pembuatan makanan untuk bayi (6-9 bulan)


Bubur adalah makanan pendamping asi yang boleh diberikan ketika bayi sudah berumur 6 bulan keatas,  untuk itu bubur yang diberikan untuk bayi adalah bubur yang lembut, yang dicampur dengan susu. Makanan bayi banyak juga dijual dipasaran, atapun supermarket, yaitu bubur bayi instan . Jika anda ingin membuat sendiri gunakan tepung beras baik yang instan ataupun dengan membuat tepung beras sendiri, caranya dengan mencuci beras sampai bersih kemudian merendam beras selama 1jam kemudian tumbuk atau giling sampai halus.

Penting :

  • Penambahan gula pasir, garam,zat aditif makanan, dan madu perlu dihindari untuk bayi 6-9 bulan. Sebab, dapat memperbert kerja ginjal, liver dan pankreas.
  • Penggunaan gula merah hanya dianjurkan 1 g perporsinya.

3 komentar:

  1. Khusus untuk makanan bayi yang banyak dijual di supermarket2 itu, saya pribadi masih kuatir, Kecuali yg diproduksi oleh produsen yang sudah lama memiliki nama dan dikenal masyarakat luas. Tapi Ini ada menu masakan yang unik berbahan gampang dan rasanya wenakkkkk...nak...nak....nak... Dimuat dalam www.bit.ly/1hgHM25

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas tipsnya. sangat berguna sekali tuh. Namun Kecombrang. Ada yang tahu dengan kecombrang. Portal berita iyaa.com mengungkapkan beberapa fenomena keberadaan kecombrand di dapur asia.

    BalasHapus

template