Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Jenis Makanan Untuk Balita




Balita sangat membutuhkan asupan makanan yang tepat, tentunya bergizi, dan mengandung banyak vitamin  yang dibutuhkan oleh tubuh , untuk memperoleh perkembangan yang bagus kita harus benar-benar memperhatikan cara merawat dan asupan makanan untuk  balita kita.


Makanan yang baik untuk bayi sampai usia 6 bulan adalah ASI, setelah itu berikan makanan pendamping asi, dimulai dari bubur susu, nasi tim, nasi lembek dan kemudian nasi kasar seperti makanan orang dewasa dan juga berbagai macam camilan entah dari kue bolu dsb, juga buah untuk hidangan pencuci mulut. Dalam memberikan makanan sebisa mungkin pilih dari bahan yang alami. Berikan nutrisi yang cukup supaya bayi kita sehat, dan berkembang sebagaimana mestinya.

Adapun jenis asupan makanan yang dibutuhkan balita untuk menunjang tumbuh kembang anak, yaitu :

1. Nasi, roti dan gandum (oat)

Bahan-bahan makanan ini merupaka sumber karbohidrat paling besar, karbohidarat menjadi sumber energi (tenaga) untuk anak-anak dalam melakukan aktivitas. Selain mengandung karbohidrat, bahan-bahan makanan ini juga mengandung serat larut, protein nabati, vitamin dan mineral.

2. Sayur-sayuran dan buah - buahan

Sayur dan buah mengandung serat yang sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan makanan. Dengan begitu memudahkan sikecil BAB (buang air besar) dan mencegah konstipasi pada anak. Kasihan kan bunda jika sikecil berhari-hari tidak bisa BAB , dan tiap mau BAB mesti nangis, makanya dibiasakan makan sayuran dan buah-buahan, contohnya saja sayur kangkung dan buah pepaya, yang berguna untuk melancarkan pencernaan anak.

3. Ikan, daging, ayam, telur, dan kacang- kacangan

Bahan makanan ini merupakan sumber protein hewani yang sangat diperlukan untuk anak- anak dalam proses pertumbuhannya. Dalam tubuh protein berperan sebagai zat pembangun. Biasanya anak yang kurang protein hewani pertumbuhannya akan terhambat. Maka dari itu kita harus berusaha memberikan protein hewani  kepada sikecil, dengan berbagai resep masakan yang menggugah selera si anak, dan membuat variasi makanan, agar anak tidak bosan, entah daging dibuat bakso, ayam yang dibuat nugget, agar sikecil lebih semangat untuk makan , kita juga bisa membentuk makanan dengan bentuk  dan hiasan yang lucu, maka  anak akan termotivasi untuk makan makanan tersebut.

4. Keju, susu dan yoghurt

Keju dan yoghurt adalah produk turunan dari susu, semua produk dari susu mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan merupakan pembentuk sel darah merah. Selain itu juga susu mengandung protein dan mineral yang baik untuk anak.

5. Mentega, margarin dan minyak goreng

Ketiga bahan diatas, mengandung vitamin dan lemak, yang berfungsi sebagai sumber energi yang lebih efektif (dibanding karbohidrat dan protein) dan minyak memberikan cita rasa enak. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung mentega atau minyak dapat membuat kegemukan.
Untuk mengatasinya kombinasikan gorengan dengan sayuran yang banyak mengandung serat. Adapun serat berfungsi untuk meluruhkan lemak didalam usus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

template