Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Resep Adonan Kulit Pizza Yang Enak






Pizza merupakan salah satu makanan dari Italia  yang sangat populer  di Indonesia. banyak cafe atau resto bahkan waralaba internasiaoanal yang menyajikan pizza yang menjadi hidangan andalan masing-masing. Kini anda juga bisa membuat sendiri dirumah, sangat menyenangkan bukan, kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk menikmati hidangan pizza yang lezat dan enak. Kita bisa menikmati hidangan pizza yang lezat dirumah bersama keluarga tercinta tentunya.


Adapun kulit pizza adalah adonan dasar untuk membuat pizza, yang bisa anda buat dengan berbagai ketebalan, bisa tebal empuk , sedang dan tipis kering. Anda juga bisa membeli kulit pizza beku dipasar swalayan, atau juga bisa memanfaatkan sebagai pengganti kulit pizza, yaitu seperti roti pita, tortilla atau puff pastry, sehingga anda akan mendapatkan tekstur kulit pizza yang unik. Jika kita ingin berkreasi membikin kulit pizza sendiri dan untuk distok dirumah juga bisa, sehingga kita setiap mau membuat masakan pizza kita tinggal menambah saus pizza yang enak dan topping yang diinginkan sesuai selera, baru dioven, dan  jadilah pizza yang enak dan lezat.

Adapun adonan dasar kulit pizza enak yang bisa kita buat , yaitu :

Bahan :


  • 400 g tepung terigu
  • 11 g ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 250 ml air hangat
  • 3 sdt minyak zaitun
Cara membuat:
  • Masukkan tepung, ragi, gula dan garam kedalam mangkuk. Buat lubang ditengahnya, campur dengan air hangat dan minyak zaitun kedalam campuaran tepung. Aduk rata, lalu uleni dengan tangan selama 5 menit diatas meja datar yang bertabur dengan tepung terigu, uleni adonan sampai licin dan elastis, kemudin bulatkan adonan.
  • Masukkan  adonan kedalam mangkuk yang sudah diolesi minyak, bolak- balik adonan hingga seluruh permukaan terselaput minyak. Tutup dengan selembar plastik, diamkan selama 1 jam pada temperatur ruangan hingga volumenya 2 kali ukuran semula. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, bagi adonan sesuai kebutuhan, giling adonan dan masukkan kedalam loyang pizza ukuran sesuai selera.
  • Kulit pizza siap diberi  saus dan topping sesuai selera kemudian baru dipanggang, jika ingin menyimpan kulit pizza agar tahan lama, juga bisa dengan cara panggang setengah matang kemudian simpan kedalam freezer. Kalau mau memasak pizza, supaya mengeluarkan dulu kulit pizza dari freezer sampai tidak beku dan baru bisa digunakan. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

template