Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Resep Sayur Gudeg Yogyakarta

Resep cara membuat sayur gudeg yogyakarta


Buah nangka banyak digemari di indonesia, baik yang sudah masak ataupun yang masih muda, biasanya yang masih muda dianfaatkan untuk berbagai macam masakan sayur.
Berbagai macam manfaat dan khasiat buah nangka untuk kesehatan ,dari seratnya untuk melancarkan pencernaan, untuk melancarkan BAB, buah nangka banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan, yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan melawan, berbagai macam penyatit, yaitu ,infeksi virus, bakteri, dll.


Disini penulis akan menuliskan salah satu resep sayur nangka muda , yaitu sayur gudeg, yang sangat terkenal dan khas di yogyakarta.


Adapun bahan yang diperlukan:

500 g buah nangka yang masih muda, potong -potong
2 lembar daun jati
1 liter air
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas
1 liter santan
50 g gula merah

Bumbu yang dihaluskan:

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar
2 sdm gula merah

Cara membuat :
Rebuslah buah nagka bersama daun jati hingga air teresap, tiriskan. Rebus bumbu halus , santan, daun salam, lengkuas, gula merah, dan nangka dengan api kecil, dan panci tertutup sampai kuah mengering.
angkat dan hidangkan.

Demikian tadi resep sayur Gudeg yogyakarta yang berasal dari nangka muda, sebagai pelengkap bisa juga disajikan bersama baceman telur, ceker ataupun olahan masakan ayam dan juga sambal goreng krecek, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

template