Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Tips Pola Makan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil






Hamil dan punya anak adalah dambaan setiap pasangan yang sudah menikah, Ada yang dikasih cepat, ada yang belum/ lama, sampai-sampai berobat kemana-mana supaya dikasih Allah keturunan. Alangkah bahagia dan bersyukurnya kalian yang telah diberi kehamilan dan anak olehnya, oleh karena itu jagalah sebaik-baiknya.

Dalam masa kehamilan, salah satu bagian terpenting untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan, yaitu prinsip dan pola makan yang sehat ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil harus benar-benar memperhatikan betul-betul tentang prisip tersebut.


Adapun prinsip makan dan pola makan ibu hamil yang sehat adalah sebagai berikut:
  1. Rubahlah cara makan  anda, meskipun anda sudah akan baik
    yaitu apabila anda diet makanan tertentu pada waktu hamil, maka rubahlah , karena ibu hamil membutuhkan lebih banyak konsumsi protein , kalori untuk energi, vitamin, asam folat dan zat besi untuk perkembangan janin.

  2. Hindari makanan yang berbahaya
    Untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung, supaya menghindari makanan yang membahayakan janin. seperti, daging dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alkohol juga kafein.

  3. Jangan diet selama hamil

  4. Makan dengan porsi kecil tapi sering
    porsi kecil tapi sering setiap makan dianjurkan setiap 4 jam , ingatlah meskipun anada tidak lapar, tapi bayi anda membutuhkan nutrisi makanan secara teratur.

  5. Minum vitamin secara teratur
    Vitamin yang baik adalah dari makanan, oleh karena itu anda haruslah pintar pintar memilih makanan yang banyak mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan selama kehamilan, terutama zat besi dan asam folat.

  6. Minum air yang cukup
    Sebanyak 33 persen pertambahan berat badan pada masa kehamilan adalh cairan, cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah pada bayi untuk sistem sirkulasinya yaitu, air ketuban. Selain itu untuk mengatur suhu tubuh ibu hamil dan mengatasi konstipasi.

  7. Makan makanan berserat, yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran.
Dengan melakukan pola makan yang sehat ibu hamil, bukan hanya membuat ibu hamil tampil segar, cantik dan sehat, tetapi juga membuat perkembangan pertumbuhan janin yang sehat dan normal, ingatlah perkembanagan bayi anda sangat bergantung kepada yang anda berikan dan lakukan untuk bayi anda, anak adalah karunia dari tuhan yang harus kita sayangi dan cintai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

template