Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Cara Memilih Telur Ayam Kampung Asli





Belakangan ini banyak beredar di luar sana telur kampung palsu/oplosan. Seiring dengan perkembangan jaman yang modern saat ini orang lebih mau hidup sehat, dengan makan makanan yang sehat, contohnya telur kampung. Telur kampung yang asli adalah telur yang dihasilkan dari ayam kampung yang diternak secara liar dan tidak di beri makanan yang khusus, contohnya pelet/ sentrat dsb, tetapi dengan makanan yang alami, yaitu baik dari biji-bijian, serangga, daun- daunan dsb.

Jumlah telur yang dihasilkan juga bervariasi, tidak menentu jumlahnya. Maka dari itu banyak peternak ayam kampung yang menternakkan ayamnya didalam kandang, dan ternak ayamnya diberi suplemen untuk memperbanyak produksi telurnya dan juga agar menghasilkan telur dengan ukuran yang seragam.

Adapun tips- tips untuk memilih telur ayam kampung asli supaya bisa membedakan mana telur ayam kampung yang asli dan ayam kampung hasil ternakkan, yaitu :
 Untuk Memilih Ayam Kampung Asli
  • Warna cangkang putih hingga krem
  • Kulitnya licin dan dengan ukuran yang tidak sama
  • Jika dipecahkan warna kuning telur berwarna kuning tua hingga orange
Untuk Memilih Ayam Kampung Hasil Ternakan
  • Warnanya putih merata
  • Umumnya kulitnya kasar dan ukurannya seragam
  • Jika dipecahkan warna kuning telurnya berwarna kuning pucat

Waspadalah :

Mulai beredar telur ayam kampung palsu dengan bahan dasar telur ayam negeri yang berukuran kecil, telur ini dimasak dengan air yang diberi larutan chlorine atau pemutih  hingga cangkangnya menjadi putih dan bersih seperti telur ayam kampung.

Maka dari itu berhati- hatilah dalam memilih telur ayam kampung, sebaiknya belilah telur kampung pada penjual yang sudah anda ketahui pemasoknya dan asal muasal telurnya. Hal itu bisa menjamin kualitas telur dari pada dengan membeli telur dipasaran bebas. Demikian itu tips cara memilih telur ayam kampung asli, ikuti terus ya dalam tips- tips selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

template