Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Dahsatnya Masakan Sambal Goreng Putih Telur


Umumnya masyarakat di Indonesia sangat menyukai telur, karena banyak kandungan vitamin-vitamin dan protein yang bagus untuk tubuh, juga cara pengolahan yang cepat , sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam memasak  telur tersebut. Telur terbagi menjadi dua, yaitu, putih telur dan kuning telur. Namun pembahasan kali ini difokuskan membahas putih telur yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 


Dalam sebuah studi mengenai putih telur yang dilakukan oleh Asosiasi Kimia di Amerika Serikat, putih telur diketahui bermanfaat menurunkan tekanan darah. Bahkan khasiatnya dikatakan sama dengan kaptopril yang memang selama ini dikenal sebagai obat penurun tekanan darah. 

Berikut beberapa manfaat putih telur yang sudah diketahui khasiatnya, yaitu :
  1. Putih telur sangat kaya protein, bebas lemak dan kolesterol (berbeda dengan kuning telur). Kandungan protein ini sangat bermanfaat sebagai zat pembangun didalam tubuh. 
  2. Putih telur juga mengandung sejumlah senyawa seperti kalium dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
  3. Putih telur memiliki protein yang sangat mudah diserap oleh tubuh.
  4. Putih telur membantu untuk menambah energi, biasanya dimakan diwaktu pagi
  5. Putih telur juga sangat bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan sehingga dapat membantuk proyek diet Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.
Putih telur banyak kita temui di tukang sayur atau pasar,biasanya sudah direbus. Umumnya putih telur tersebut berasal dari usaha pembuatan kue, karena biasanya dalam membuat kue banyak menggunakan kuning telur, yang bertujuan untuk melembutkan kue, sehingga putih telur tidak digunakan. Disini akan dituliskan resep masakan dari putih telur, yaitu resep sambal goreng putih telur.

Adapun bahannya adalah :
  • 10 butir putih telur, potong dadu
  • 100 gram kapri, potong dua
  • 500 ml santan
  • 1 iris lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm irisan tipis cabe merah buang bijinya
  • 3 sdm minyak goreng
Haluskan :
  • 1 sdm irisan tipis cabe merah
  • 2 sdm irisan bawang merah
  • 1 sdm irisan bawang putih
  • ¼ sdt terasi
  • 1 sdt garam
CARA MEMBUAT :
  1. Kukus putih telur dalam cetakan plastik atau loyang yang dialasi aluminium foil hingga matang, dinginkan dan potong dadu.
  2. Panaskan wajan dan beri minyak, setelah cukup panas masukkan bumbu halus, daun salam dan lengkuas, tumis hingga harum. Tuang santan dan didihkan, masukkan potongan putih telur, kacang kapri dan irisan cabe merah lalu masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut. Angkat dan sajikan.

2 komentar:

  1. Sangat bermamfaat juga ya Resep Masakan yang diolah dari putih telur,soalnya kalau saya membuat kue yang hanya menggunakan kuning telur saja putih telurnya suka dibuang,tetapi sudah menyimak artikel yang anda berikan putih telur berguna juga dibuat masakan terima kasih

    BalasHapus

template