Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Tips Makanan Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan


Mempunyai bentuk tubuh yang langsing dan ideal adalah dambaan setiap orang. untuk mendapatkan tubuh yang ideal itu banyak yang melakukan berbagai macam cara dan usaha, agar tubuh menjadi langsing, apalagi bagi orang yang berbadan gemuk, tentulah ingin sekali untuk menurunkan berat badannya. Masalah kegemukan jangan dianggap sepele karena kegemukan bisa mengundang banyak penyakit.

Kegemukan berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi, gangguan insulin dan peradangan. Jika dibiarkan dalam jangka panjang berpotensi merusak ginjal kita dan njuga dapat menyebabkan  berbagai penyakit yang lain, seperti diabetes, jantung, stoke, dll. Maka dari itu kita harus benar- benar bertekat  dan niat untuk menurunkan berat badan, dan juga harus melakukan diet yang sehat, yaitu dengan cara memperhatikan makanan yang kita makan sehari- hari.

Adapun tips- tips sehat pola makan  dalam diet untuk menurunkan berat badan adalah sebagai berikut :

1.Makan buah-buahan dan sayuran untuk diet anda

Buah-buahan dan sayuran merupakan dasar dari diet sehat alami,yang mana merupakan diet sehat rendah kalori dan tinggi akan nutrisi. Yang berarti mereka dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan dan serat. Serat makanan banyak ditemukan dalam makanan nabati (buah-buahan, sayuran dan biji-bijian) sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Serat merupakan dukungan besar dari menu makanan diet sehat rendah kalori dengan membantu anda merasa kenyang lebih cepat dan untuk jumlah yang lebih lama, dan menjaga gula darah anda stabil. Diet sehat mengandung sekitar 20-30 gram serat per hari, tapi kebanyakan dari kita hanya mendapatkan sekitar setengah jumlah itu. Buah-buahan dan sayuran harus menjadi bagian dari setiap makanan dan pilihan pertama anda, untuk tujuan camilan selama minimal lima porsi setiap hari. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari tentunya ini lebih baik.

2. Lebih banyak makan karbohidrat yang sehat, yaitu dari biji-bijian

Membuat karbohidrat sehat dan sumber serat, biji-bijian terutama keseluruhan bagian dari makanan sehari-hari Anda, untuk energi tahan lama. Selain menjadi lezat dan memuaskan, biji-bijian kaya akan antioksidan dan rendah kalori. Mereka membantu melindungi terhadap penyakit jantung koroner, kanker, dan diabetes.  Studi telah menunjukkan orang yang makan gandum utuh cenderung memiliki jantung yang lebih sehat.

Dalam melakukan diet supaya mengkonsumi makanan dari biji-bijian, termasuk diantaranya adalah gandum, beras merah, millet, quinoa, dan barley. Percobaan dengan butir yang berbeda untuk menemukan favorit Anda. Semangkuk sarapan Quaker Oats akan membantu mengendalikan penyakit jantung Anda. Hindari biji-bijian halus seperti roti, pasta, dan sereal sarapan yang tidak mengandung gandum.

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dalam makanan diet kita

Protein memberi kita energi untuk terus berjalan. Kurangnya protein dalam makanan kita dapat memperlambat pertumbuhan, mengurangi massa otot, kekebalan rendah, dan melemahkan sistem jantung dan pernapasan. Protein sangat penting bagi anak-anak, untuk merangsang pertumbuhannya, yang mana protein dapat kita temui dalam berbagai makanan, contohnya ikan segar, ayam, tahu, telur, kacang-kacangan atau kacang.

4. Konsumsi makanan  yang mengandung  kalsium & vitamin D yang berguna untuk tulang

Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk tulang kuat dan sehat. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium yang optimal dalam usus kecil. Tingkat kalsium yang direkomendasikan adalah 1000 mg per hari, 1200 mg jika Anda lebih dari 50 tahun. Yang termasuk sumber besar kalsium adalah:
  • Produk susu, yang diperkaya dengan vitamin D.
  • Sayuran berdaun, seperti kangkung dan sosin hijau.
  • Kacang-kacangan yang termasuk kacang polong.

5. Mengurangi  garam, lemak  dan gula yang pada makanan

Bila anda mengkonsumsi garam, lemak dan gula berlebih dapat menyebabkan kegemukan yang mengundang banyak penyakit. Lemak, garam dan gula, rawan sekali dengan kegemukan, oleh karena itu batasi untuk mengurangi lemak, garam dan gula tersebut dalam makanan yang kita makan.
  • Batasi natrium/ garam menjadi 2.300 mg per hari, setara dengan satu sendok teh garam.
  • Kalori dari gula tidak boleh lebih dari 10 persen dari total kebutuhan sehari, karena sumber gula juga dapat kita dapatkan dari bermacam-macam makanan.
  • Lemak berkisar dari 5-10 persen makanan yang kitra makan. 
6. Hindari makanan olahan yang dikemas atau makanan cepat saji. 

Makanan olahan seperti sup kaleng atau makanan beku mengandung sodium yang melebihi sendok teh dalam sehari, dan juga makanan  cepat saji  mempunyai kandungan kalori yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan berat badan malah semakin bertambah.

Demikian itu tips- tips makanan untuk membantu diet sehat anda, untuk membantu anda mengurangi kandungan lemak didalam tubuh, dehingga anda mempunyai tubuh yang langsing dan ideal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

1 komentar:

  1. Mau makanan apapun, kalo Anda mencari Kemasan makanan yang tahan air dan minyak bisa coba lihat di sini.
    Berguna untuk rumah makan ataupun resto yang membutuhkan branding.

    BalasHapus

template