Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Informasi Bahan Dalam Pembuatan Kue Kering




Bahan dalam membuat kue kering, memang agak jauh berbeda dengan cara membuat cake. Di Indonesia sebutan cookies justru menjadi kue kering, karena memang rasanya kering dan renyah. dalam pembuatan kue kering, ada beberapa hal yang yang perlu diketahui dan dilakukan agar kue kering kita sukses dan enak, tidak sekedar jadi. Pemahaman bahan dan karakternya akan membantu menciptakan kue kering yang lezat. Teknik pembuatan kue kering juga akan menolong saat menemukan kegagalan yang sering terjadi dalam pembuatan kue kering.

Dalam hal ini akan diulas bahan- bahan yang tepat dalam pembuatan kue kering dan fungsi bahan tersebut, agar menghasilkan kue kering yang enak dan sesuai dengan yang diharapkan.

TEPUNG
Untuk membuat kue kering, tepung yang dipilih, biasanya berprotein rendah atau tepung serbaguna (all purpose flour). Selain tepung terigu, kadang yang dipakai adalah tepung beras ketan, tepung kanji, tepung maizena atau tepung hunkue. Apapaun tepung yang dipilih, tepung berfungsi sama yaitu membangun struktur kue dan sebagai pengikat bahan- bahan yang digunakan dalam kue.

GULA
Gula yang digunakan adalah gula pasir, gula palem, gula bubuk, brown sugar (gula karamel) yang berguna untuk memberi rasa manis dan memberi warna pada kue. Kue yang kurang gula warna akan tampak sedikit pucat. Penggunaan gula halus dan kasar akan menghasilkan kue yang berbeda, karena penggunaan gula halus akan memudahkan kita dalam pembuatannya, karena cepat hancur dan tekstur kue tersebut akan lebih halus, sebaliknya kue yang menggunakan guila pasir hasilnya akan renyah.

LEMAK
Baik lemak hewan (mentega) maupun lemak tumbuhan (margarine) bisa digunakan dalam membuat kue kering, penggunaan minyak dan mentega putih juga bisa digunakan. umumnya orang mencampur mentega dan margarine, dengan tujuan menghemat biaya maupun membuat kue agar tidak hancur.Lemak membuat kue empuk dan tahan lama.  Suhu mentega yang dipakai harus suhu ruang, bila suhu mentega terlalu dingin atau panas hingga menjadi berminyak, udara tidak bisa masuk kedalamnya.

TELUR
Telur juga sering dipakai untuk memoles maupun mengkilatkan kue. Dalam pembuatan kue telur yang dipakai bisa kuning telur, putih telur, maupun keduanya. Kue yang menggunakan kuning telur saja akan menghasilkan kue yang lebih empuk, sebaliknya kalau yang dipakai putih telur saja kue akan menjadi keras. tujuan pemberian telur dalam pembuatan kue adalah memberi kelembapan, nilai gizi serta membangun struktur kue.

BAHAN PEMUAI
Bahan pemuai atau soda kue, membuat remah kue kering menjadi gelap warnanya. soda kue juga bisa mengontrol kegosongan gula. Tapi hati- hati dalam jumlah pemakaian yang terlalu banyak, karena akan membuat kue terasa sabun.

BAKING POWDER
Baking powder adalah campuran antara soda kue, cream of tartar dan tepung. perbandingannya sekitar 1:2:1, tujuan pemberian baking powder dalam pembuatan kue kering yaitu agar kue kering lebih renyah dan memperlebar kue kering.

BAHAN LAIN
Salah satu bahan yang lain adalah susu bubuk (walau kadang yang dipakai adalah susu cair, segar, kentalmanis). Pemberian susu dalam pembuatan kue bertujuan untuk memberi rasa, aroma dan nilai gizi. Rempah - rempah juga sering ditambahkan untuk menambah aroma, ada juga bahan tambahan lain seperti, buah kering, coklat bubuk, dan tambahan aroma ( seperti pasta coklat, esense buah).

Demikianlah bahan yang sering digunakan dalam membuat kue kering agar sukses dan mendapatkan rasa yang enak dan pas, harus memperhatikan komposisi dan ukuran bahannya pada resep kue kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

template