Home Resep masakan Aneka Olahan Menu Makanan Resep Kue dan camilan Menu Makanan Resep Minuman Info Kuliner Tips Kuliner

Kumpulan Resep Masakan, Makanan Serta Tips Aneka Kuliner Untuk Keluarga

Tips Cara Membentuk Kue Kering Agar Sukses

Tips cara membentuk adonan kue kering yang benar

Dalam pembuatan kue kering harus diperhatikan beberapa langkah dan tahapan dalam agar bisa berhasil dan mendapatkan hasil kue yang bagus, contohnya dalam hal  resep bahan-bahan kue kering sendiri maupun cara membentuk atau mencetaknya. Dibawah ini adalah tips cara membentuk dan mencetak kue kering agar mendapatkan bentuk seperti yang diinginkan, yaitu penampilan  kue kering yang bagus, menarik dan sedap dipandang mata.


Tips Membentuk Kue Kering Menggunakan Cetakan

Agar kue kering tidak lengket pada rolling pin, sebaiknya adonan dilapisi dengan 2 buah plastik, kemudian adonan digiling sampai ketebalan 2 mm. Jika kue terlalu tebal kue akan menjadi keras dan tidak akan terasa renyah. Sebelum mencetak adonan kue, sebaiknya cetakan dicelupkan terlebih dahulu kedalam tepung terigu baru adonan siap dicetak sesuai dengan keinginan anda.

Tips Membentuk kue kering dengan bantuan sendok

Dalam membentuk kue kering dengan bantuan sendok, gunakanlah 2 buah sendok teh untuk mendapatkan bentuk dan besar kue yang seragam. Dalam mengoven beri jarak antara kue yang satu dan yang lainnya. apalagi bila kue yang anda buat mendapatkan bahan pengembang.

Tips Membentuk kue kering dengan cara disemprot

Bentuk dan besarnya kue kering sangat bergantung pada spluit yang digunakan. Pada saat membentuk dengan cara menyemprot adonan, sebaiknya tidak terlalu tebal agar kue bisa cepat matangnya, dan didalam loyang  oven beri jarak antara kue satu dan yang lainnya agar kue tidak saling menempel.

Tips Membentuk Kue Kering Menggunakan Tangan

Yang perlu diperhatikan ketika membentuk kue kering dengan tangan yaitu, sebaiknya kue tidak boleh terlalu lama dibentuk menggunakan tangan, karena akan berpengaruh menyebabkan kue menjadi keras. Apabila dalam membuat adonan kue terlalu lembek, janganlah terburu-buru menambahkan tepung, sebaiknya kue diistirahatkan didalam lemari es selama 5 menit, setelah kue agak keras, barulah kue siap dibentuk.

Tips Membentuk Kue Kering Yang Dipotong-potong

Dalam membuat kue kering yang akan dipotong, adonan kuenya lebih padat, Adonan dibentuk silinder, lalu dibungkus dengan plastik agar tidak mudah kering. Lalu simpanlah kedalam lemari es selama 35 menit, baru kemudian dipotong-potong dalam keadaan yang masih keras agar mendapatkan bentuk bulat yang cantik. Jika adonan dirasa  sudah tidak keras lagi supaya dimasukkan kedalam kulkas lagi.

Demikianlah tips-tips membentuk kue kering dalam pembuatannya, semoga bermanfaat dan bisa mempermudah anda dalam berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

template